Ekonomi Islam merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari akan adanya masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam. Ekonomi Islam berbeda dari ekonomi kapitalisme, sosialisme, hingga negara kesejahteraan (Welfare State). Lulusan dari program studi ini harus mampu mengembangkan ekonomi berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

Jurusan Ekonomi Islam mempelajari tentang ilmu, teori dan sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas dari perspektif Islam. Sebab, dalam ajaran agama Islam, nilai dan hukum setiap kegiatan ekonomi, baik jual-beli, utang-piutang, simpan-pinjam, bagi hasil dan lain-lain telah diatur. Setelah masuk ke jurusan ini, Kamu akan paham bagaimana pengelolaan keuangan dan bisnis dalam Islam.

Untuk masuk ke jurusan Ekonomi Islam, kamu bisa memilihnya di beberapa perguruan tinggi negeri, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Islam Indonesia dan masih banyak lagi. Bagi Kamu yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok bisa memilih kuliah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Hamzar Lombok Timur.

Prosedur dan syarat yang harus Kamu lalui sama dengan jurusan-jurusan lain, sesuai dengan jalur pendaftaran yang kamu pilih. Tertarik jadi mahasiswa jurusan Ekonomi Islam? Yuk, persiapkan diri dari sekarang! Nah, jika Kamu lulusan ekonomi Islam, Kamu memiliki prospek kerja yang cukup terbuka. Kamu bisa bekerja di banyak lembaga, mulai dari pendidikan hingga keuangan. Berikut adalah prospek kerja untuk lulusan ekonomi Islam perlu diketahui.

Ahli Ekonomi Islam

Banyak sekali lembaga keagamaan membutuhkan tenaga ahli yang kompeten dan memiliki pengetahuan tentang ekonomi Islam. Selain itu, masih banyak lembaga kemasyarakatan yang bergerak di dalam bidang ekonomi syariah, mulai dari koperasi syariah sampai Lembaga Swadaya Masyarakat.

Diperlukan orang yang ahli dalam ekonomi Islam sebelum suatu perusahaan atau lembaga menerapkan konsep ekonomi syariah. Kalau Kamu memang berminat untuk menjadi seorang ahli ataupun konsultan bidang ekonomi Islam, keuangan Islam dan hukum Islam, tentunya profesi ini sangat cocok untuk Kamu.

Dosen

Sebagian perbankan atau lembaga lain yang menerapkan ekonomi Islam dalam menjalankan usaha yang memang masih tergolong baru, dibandingkan dengan perbankan konvensional, sehingga masih diperlukan adanya perbaikan agar bisa lebih menarik simpati masyarakat.
Maka dari itu, masih diperlukan adanya sumber daya manusia yang tak hanya memahami konsep ekonomi Islam dengan baik, namun juga memiliki kompetensi yang mumpuni, sehingga bisa meningkatkan kinerja dari sektor perekonomian Islam di Indonesia.

Konsultan Bisnis Islam

Prinsip-prinsip Islam juga telah banyak masuk ke dalam dunia bisnis suatu perusahaan. Hal ini karena banyak perusahaan yang menilai suatu bisnis dengan sistem syariah memiliki keuntungan tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan tersebut tentu saja perlu melakukan konsultasi sebelum memulai bisnisnya secara syariah.

Oleh karena itu, hal ini bisa membuka peluang baru bagi kamu lulusan ekonomi syariah untuk berprofesi sebagai konsultan bisnis syariah. Di sana kamu harus mengarahkan para pebisnis yang hendak memulai suatu bisnis dengan aturan Islam dan bertanggung jawab penuh pada profesi tersebut.

Staff Lembaga Keuangan Islam

Istilah ekonomi syariah itu sendiri lahir dari suatu sistem perbankan yang mana menganut nilai-nilai dan hukum pada Islam. Bisa dipastikan jika prospek karir atau prospek kerja yang bisa dilakukan dalam sektor perbankan syariah bisa menjadi pilihan yang tepat. Berhubung Indonesia memang masih sangat membutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi dalam Ekonomi Islam dan keuangan Syariah.

Pastinya peluang kerja di dalam profesi ini akan terus terbuka bagi Kamu. Tidak hanya di ranah keuangan syariah saja, melainkan staf keuangan yang memahami akan ilmu ekonomi Islam juga bisa berkarir di dalam pasar modal, perusahaan swasta, atau bahkan masuk ke ranah BUMN, contohnya di dalam Kementerian Agama.

Semoga informasi mengenai prospek kerja ekonomi Islam di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan serta pengetahuan. Tak hanya itu, semoga informasi di atas juga dapat menjadi referensi bagi Kamu yang masih kebingungan dalam menentukan jurusan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *